Biaya Pendidikan Politeknik Negeri – Polines Semarang

0
0

Biaya kuliah Politeknik Negeri Polines Semarang menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi 8 kategori beradasarkan kondisi ekonomi mahasiswa, orang bau tanah atau pihak yang membiayai. Proses pennetuan UKT kepada mahasiswa yang dinyatakan lolos atau memenuhi kualifikasi adalah dengan mengirimkan dengan mengirimkan dokumen Data Dukung Potensi Ekonomi (DDPE) (dalam bentuk softcopy).

Data datau dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali yang masih berlaku;
  2. Fotokopi surat keterangan janjkematian orangtua (bagi yang orangtua telah meninggal dunia);
  3. Fotokopi slip honor ayah/wali (bagi yang ayah/walinya bekeija di sektor formal), atau ASLI surat keterangan penghasilan total orangtua/wali dari ketua RT yang diketahui ketua RW (bagi yang bekeija di sektor informal);
  4. Fotokopi slip honor ibu (bagi yang ibunya bekeija di sektor formal);
  5. Fotokopi rekening listrik rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
  6. Fotokopi rekening telepon dan/atau langganan Internet di rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
  7. Fotokopi rekening air rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
  8. Fotokopi semua berkas Surat Pemberitahuan Pajak Terutang – Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) tahun terakhir yang dimiliki;
  9. Fotokopi semua berkas STNK kendaraan bermotor yang dimiliki;
  10. Fotokopi Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) / sejenisnya, atau ASLI Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah / Kepala Desa setempat (bagi keluarga tidak mampu).
  11. Foto rumah/tempat tinggal tampak dari depan, ruang tamu, dapiir dan kainar mandi.

Apabila sesudah dilakukan verifikasi dan/atau penjelasan dokumen oleh Politeknik Negeri Semarang terbukti terdapat dokumen yang palsu dan/atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenamya, maka peserta akan diberikan hukuman berupa pengenaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi.

Daftar UKT Polines Semarang TA 2019/2020

Biaya kuliah Politeknik Negeri Polines Semarang menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal  Biaya Pendidikan Politeknik Negeri – Polines Semarang

Biaya Kuliah Mandiri Polines Semarang

Penentuan UKT menurut latar belakang ekonomi orang bau tanah hanya berlaku bagi pendaftar melalui jalur non mandiri. Perlu diketahui ada 5 jalur penerimaan mahasiswa Program DIII dan Sarjana Terapan Polines Semarang:

  1. Jalur UMPN
  2. Jalur PMDK-PN
  3. Jalur Hafidz Al Quran
  4. Jalur SPA
  5. Jalur UM

Mahasiswa yang diterima dari Jalur nomor 1 s.d 4 berpeluang untuk ditetapkan UKT pada kelompok 1 hingga 8. Namun untuk Jalur UM besaran UKT ditetapkan minimal pada kelompok UKT 5. Selain itu jalur sanggup bangun diatas kaki sendiri juga dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus dibayarkan pada ketika daftar ulang (registrasi) secara tunai sekaligus.

SPI ditentukan pada ketika melaksanakan pendaftaran PMB dengan :
a. Pilihan pertama : Rp. 10.000.000,-
b. Pilihan kedua : Rp. 15.000.000,-
c. Pilihan ketiga : Rp. 20.000.000,-

Jika mahasiswa mengundurkan diri sesudah masa daftar ulang, maka dana SPI dan UKT yang dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here