Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

0
0

Uang kuliah tunggal (UKT) merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana (S1) dan Program Diploma III Universitas Diponegoro. Uang Kuliah Tunggal bab dari biaya kuliah tunggal (BKT) yang ditanggung setiap mahasiswa per semester menurut kemampuan ekonominya.

Uang Kuliah Tunggal dibayarkan oleh mahasiswa pada setiap awal semester menjelang proses pembelajaran sesuai kalender akademik.

Ada perbedaan dengan besaran biaya kuliah yang dibebankan antara mahasiswa yang berasal dari non sanggup bangkit diatas kaki sendiri (SNMPTN, SNMPTN dan PSSB) dengan jalur mandiri. Mahasiwa yang lulus SNMPTN, SBMPTN atau PSSB DIII hanya dikenakan UKT saja dengan penggolongan I s/d 7 tanpa ada lagi biaya lain yang dibebankan.

Sedangkan jalur sanggup bangkit diatas kaki sendiri baik S1 maupun D III ada suplemen biaya lagi selain UKT yakni Sumbangan Pengembangan Intitusi (SPI). Besaran SPI kegiatan S1 bervariasi tergantung jurusannya (lihat tebal), jalur sanggup bangkit diatas kaki sendiri DIII dikenakan SPI dengan jumlah yang sama Rp 5.000.000 untuk semua jurusan.

Selain itu jalur sanggup bangkit diatas kaki sendiri golongan UKT sudah ditentukan, khusus kegiatan S1 sudah ditetapkan pada UKT golongan 7, sedangkan kegiatan D III UKT ditetapkan paling rendah golongan 4.

1.Program S1 – Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Pembayaran studi hanya biaya SPP menurut UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan tersebut menurut usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa sanggup menentukan UKT Golongan 7 atau lainnya pada ketika mengisi pendaftaran online calon mahasiswa baru.

 merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana  Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

2. Program S1 – Jalur Ujian Mandiri (UM S1) 

Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa menentukan Golongan ketika mau mendaftar menjadi penerima Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online).

 merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana  Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

Jalur Ujian Mandiri (UM S1) Kelas Internasional : Pembayaran studi hanya biaya SPP sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) Per Semester dari SMT 1 hingga 7. Kelas Internasional (IUP) yang dibuka ketika ini S1 Akuntansi dan S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

3. Program Diploma III -Jalur PSSB 

Pembayaran studi hanya biaya SPP menurut UKT dari Golongan 1 hingga 7. Pembagian golongan tersebut menurut usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa sanggup menentukan UKT Golongan 7 atau lainnya pada ketika mengisi pendaftaran online calon mahasiswa baru.

 merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana  Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

4. Program Diploma III – Jalur Ujian Mandiri (UM DIII) 

Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 4 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI jalur Ujian Mandiri D-III hanya 1 golongan saja sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)

 merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana  Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

Keringanan UKT

Calon mahasiswa/Orangtua/Wali yang menentukan UKT golongan lainnya (jika tidak menentukan opsi ini ditetapkan UKT tertinggi) dan keberatan atas hasil penetapan oleh Tim Penentuan UKT Fakultas, sanggup mengajukan permohonan keberatan kepada Tim. Mekanisme keberatan UKT hanya berlaku bagi mahasiswa yang diterima dari jalur non mandiri.

Di bawah ini tata tertib pengajuan permohonan keberatan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Lingkungan Universitas Diponegoro TA 2016.

1. Calon mahasiswa/Orangtua/Wali yang mengajukan permohonan penentuan UKT (memilih UKT golongan lainnya) dan keberatan atas hasil penetapan oleh Tim Penentuan UKT Fakultas, sanggup mengajukan permohonan keberatan kepada Tim dengan memberikan surat keberatan berikut dengan alasannya yaitu yang harus dikirimkan via email ke alamat email masing-masing fakultas sebagai berikut:

a. Fakultas Hukum, alamat email: [email protected]
b. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, alamat email : [email protected]
c. Fakultas Teknik, alamat email : [email protected]
d. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, alamat email: [email protected],undip.ac.id
e. Fakultas Peternakan dan Pertanian, alamat email: [email protected]
f. Fakultas Ilmu Budaya, alamat email : [email protected]
g. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, alamat email : [email protected]
h. Fakultas Kedokteran, alamat email : [email protected]
i. Fakultas Sains dan Matematika, alamat email : [email protected]
j. Fakultas Kesehatan Masyarakat, alamat email : [email protected]
k. Fakultas Psikologi, alamat email: [email protected] id

2. Pengajuan keberatan sebagaimana dimaksud pada point 1 (satu) dikirimkan paling lambat tanggal 18 Juni 2016, pengajuan keberatan yang terlambat tidak akan ditanggapi dan atau ditolak.

3. Dalam hal Tim Penentuan UKT Fakultas hingga tanggal 23 Juni 2016 tidak/belum menanggapi permohonan keberatan yang diajukan pemohon, maka permohonan tersebut dianggap ditolak dan kepadanya dikenakan golongan UKT yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Tim Penentuan UKT Fakultas paling lambat dalam 1 x 24 jam semenjak diterimanya permohonan keberatan harus sudah memutuskan UKT dan Universitas mengumumkan hasil dari pengajuan permohonan keberatan hingga tanggal 23 Juni 2016.

5. Keputusan Tim Penentuan UKT Fakultas atas permohonan keberatan bersifat final.
6. Tim Penentuan UKT Fakultas tidak melayani permohonan pengajuan keberatan melalui tatap muka.

 merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester kegiatan Sarjana  Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

Perlu dicatat, prosedur pengajuan keberatan UKT di atas berlaku mahasiswa yang diterima pada tahun 2016, sehingga bisa saja tata cara untuk angkatan selanjutnya berbeda. Namun yang perlu diperhatikan keluarnya keputusan tersebut tanggal 15 Juni 2016, namun batas waktu pengajuan keberatan paling lambat tanggal 18 Juni 2016. Atau hanya berselang 3 hari dari tanggal dikeluarkan, sehingga rekan-rekan mahasiswa gres harus selalu memantau perkembangan bila ingin mengajukan keberatan atas penetapan UKT.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here