Jenis Metode Penelitian yang Umum Digunakan dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Lengkap dengan Pembahasan Perbedaan Jenis Metode Penelitian

0
0

Jenis metode penelitian – Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk mencari kebenaran terhadap suatu fenomena atau sebuah fakta dalam kasus yang akan diinvestigasi. Ada juga beberapa penelitian dilakukan untuk menghubungkan adanya kenyataan empiris dengan teori yang sudah dikemukakan.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, terdapat beragam jenis dari metode penelitian yang dapat digunakan. Nah agar kamu dapat dengan mudah memahaminya dengan baik maka artikel ini akan membahas seputar metode penelitian, mulai dari pengertian metode penelitian, jenis metode penelitian, perbedaan beberapa metode penelitian. Agar kamu bisa lebih mudah memahami, disertakan juga ciri beberapa metode penelitian, baik ciri metode penelitian kualitatif maupun ciri metode penelitian kuantitatif. Simak terus penjelasan dari artikel ini agar kamu punya pemahaman yang baik tentang ragam jenis betode penelitian.

Isi Artikel

Apa Itu Metode Penelitian?

 Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk mencari kebenaran t Jenis Metode Penelitian yang Umum Digunakan dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Lengkap dengan Pembahasan Perbedaan Jenis Metode Penelitian
From Pixabay

Sebelum mengulas apa saja macam macam metode penelitian, ada baiknya untuk memahami arti dari metode penelitian terlebih dahulu.

Metode penelitian adalah rangkaian cara yang terstruktur atau sistematis yang digunakan oleh para peneliti dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban yang tepat atas apa yang menjadi pertanyaan pada objek penelitian. Sederhananya, arti metode penelitian adalah upaya untuk mengetahui sesuatu dengan rangkaian yang sistematis.

Jenis jenis Metode Penelitian

Setelah mengerti arti dari metode penelitian, maka selanjutnya yang akan dibahas adalah jenis-jenis metode penelitian. Dua jenis metode penelitian yang paling banyak digunakan oleh peneliti dalam mengerjakan penelitiannya adalah jenis metode penelitian kuantitatif dan jenis metode penelitian kualitatif. Kedua macam metode penelitian ini sering digunakan karena mudah dan memiliki keunggulan masing-masing.

Jenis Metode Penelitian : Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif adalah suatu metode penelitian yang berfokus pada pemahaman terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Pada metode penelitian ini, peneliti menggunakan perspektif dari partisipan masyarakat sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian.

Perlu diketahui bahwa penelitian ini berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam – dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam – dalamnya juga, yang menunjukkan pentingnya kedalaman serta detail suatu data yang akan diteliti.

Pada penelitian ini, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka dapat diartikan bahwa semakin baik kualitas pada penelitian tersebut. Maka dari itu segi besarnya responden atau objek penelitian dengan menggunakan metode ini memiliki objek yang lebih sedikit dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, karena lebih mengedepankan kedalaman data, bukan kuantitas data.

Jenis Metode Penelitian : Kuantitatif

Sedangkan pada penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang bersifat sistematis dan menggunakan model – model yang bersifat matematis. Teori – teori yang digunakan serta hipotesis yang diajukan juga biasanya berkaitan dengan fenomena alam.

Bisa juga penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.
Kebalikan dengan kualitatif, penelitian dengan menggunakan metode ini memiliki objek yang lebih banyak dibandingkan dengan penelitian kualitatif, karena lebih mengedepankan kuantitas data, bukan kualitas data.

Tambah Wawasanmu! Baca Artikel Menarik Lainnya:

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

 Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk mencari kebenaran t Jenis Metode Penelitian yang Umum Digunakan dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Lengkap dengan Pembahasan Perbedaan Jenis Metode Penelitian
From Pixabay

Baik metode penelitian kuantitatif maupun kualitatif barang tentu memiliki perbedaan, Berikut beberapa point tentang perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif:

Design Penelitian

Hal pertama yang membedakan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif adalah dari segi desain penelitiannya. Pada metode penelitian kualitatif, desain yang digunakan lebih bersifat umum dan fleksibel. Sedangkan pada penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan lebih jelas karena memperlihatkan data yang lebih terperinci dan spesifik.

Dari desain penelitian tersebut kemudian bisa ditentukan teknik penelitian serta instrumen yang digunakan. Pada metode kualitatif, teknik penelitian yang digunakan adalah berupa observasi, eksperimen atau bisa juga dengan wawancara terbuka. Sementara pada mode kuantitatif melakukan penelitian dengan tes, pengujian, dan juga wawancara yang terstruktur.

Hasil Penelitian

Perbedaan selanjutnya dari kedua metode penelitian tersebut juga dapat dilihat dari data hasil penelitian yang didapatkan. Pada metode kualitatif, data yang didapatkan berupa deskripsi pendapat dari responden atau bisa juga berupa hasil catatan lapangan. Sedangkan pada metode kuantitatif data yang didapatkan berupa angka, skala maupun grafik yang bisa dihitung (matematis).

Ketika menghadapi tugas akhir atau skripsi banyak orang yang terhambat karena tidak terlalu paham dengan metode penelitian, sehingga bingung untuk memilih jenis metode kualitatif atau kuantitatif. Semoga dengan penjelasan di atas dapat berguna buat kamu yang ingin melakukan penelitian.

 Ciri Metode Penelitian

Berikut beberapa ciri khas berbagai metode penelitian:

Ciri Metode Penelitian Kualitatif

  1. Proses pengumpulan data menggunakan kondisi real atau alamiah.
  2. Proses pengumpulan data dilakukan langsung oleh peneliti sendiri, sehingga dalam hal ini peneliti terlibat langsung ketika melakukan pengumpulan data, baik itu ketika proses pengamatan maupun wawancara.
  3. Bukan hasil melainkan proses merupakan hal yang diutamakan dalam metode peneltian kualitatif.

Ciri Metode Penelitian Kuantitatif

  1. Umumnya digunakan untuk menguji teori yang sebelumnya telah ada.
  2. Instrumen yang digunakan umumnya menggunakan kuisioner juga angket.
  3. Topik yang diangkat umunya tentang keterkaitan antara satu hal dengan lainnya. Oleh karenanya metode penelitian kuantitatif bekerja dengan basis variable atau membutuhkan parameter sebagai objek penelitiannya.

Penutup

Menentukan jenis metode penelitian tentu bisa dilihat berdasarkan bagaimana kondisi dari apa yang ingin kamu teliti, berdiskusi dengan pembimbingmu tentu menjadi hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menentukan jenis penelitian yang ingin kamu ambil. Semoga tulisan ini bermanfaat!



Sumber https://soalterbaru.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here